Langsung ke konten utama

Kecanduan Cinta dalam Partisipasi Politik Massa


Secara pribadi, saya sangat senang melihat orang-orang yang sedang jatuh cinta. Bukankah sangat luar biasa jika cinta romantis ini berlangsung selamanya? 

Tetapi, bagaimana jika cinta romantis menjadi berlebihan pada sebagian orang? Bisakah cinta ini menjadi candu? 

Pembahasan ini tidak terkait dengan fenonema jatuh cinta antar-sesama manusia yang berbeda jenis kelamin, melainkan dalam diskursus partisipasi politik massa yang dipengaruhi oleh gejala love addiction (kecanduan cinta). 

Bagaimana partisipasi politik massa yang terdorong oleh kecanduan cinta? Pertanyaan inilah yang akan kami bahas dalam kesempatan ini.

Kecanduan Cinta


European Journal of Psychiatry edisi Januari-Maret 2019, peneliti Sanches dan John membahas gejala kecanduan cinta ini.

Para peneliti itu mengartikan bahwa kecanduan cinta ialah sebagai pola perilaku maladaptif yang secara berlebihan terhadap satu individu sehingga mengakibatkan kurangnya kontrol diri serta konsekuensi negatif lainnya. 

Jika kecanduan cinta di definisikan seperti itu adanya, maka saya bisa mengatakan bahwa gejala kecanduan cinta bisa di istilahkan sebagai cinta patologis. Artinya, pembahasan cinta tidak selamanya positif.


Kecanduan cinta termasuk dalam spektrum obsesif-kompulsif. Karena sifatnya yang kompulsif, maka wajar apabila individu yang sedang mengalami kecanduan cinta akan merasa cemas, takut, atau bahkan menjadi khawatir jika pasangannya itu hilang dari kehidupannya. 

Contohnya yaitu apabila ada pihak lain yang berusaha untuk merusak hubungan pecandu cinta dengan pasangannya maka akan terjadi kecemburuan dan bahkan berujung pada pertengkaran sosial. 

Hal itu karena di dorong oleh perasaan khawatir dan takut akan kehilangan pasangannya.


Jika pembahasan di atas kita turunkan ke dalam gejala partispasi politik massa, maka saya melihat ada titik kewajaran yang terjadi belakangan ini. Yakni kondisi masyarakat terpecah menjadi [beberapa] kubu. 

Saya melihat bahwa gejala kecanduan cinta tidak bisa dipisahkan dari gejala sosio-politik yang terjadi belakangan ini di bumi nusantara. 

Artinya, akibat dari sifat kompulsif, maka calon yang di usung sebagai “pasangan cinta" akan di lindungi. Bahkan sampai titik yang paling ekstrim ialah menyebarkan berita bohong (hoax) demi keberhasilan calonnya.

Qashai Pelupessy
Maluku - Ambon 
Selasa, 12 Mei 2020


[Artikel saya itu sudah pernah di terbitkan oleh Koran Radar Jogja - Jawa Post, 05 Maret 2019. Artikelnya sudah saya ubah. Lihat https://radarjogja.jawapos.com/2019/03/05/gejala-love-addiction-partisipasi-politik-massa-jelang-pemilu/]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Permainan Hidup

Di saat realita berganti wajah,  kau hadir, selalu tanpa esensi.  Kadang kau bahagia, hari ini kau sengsara,  besok kau memuakkan.  Hidup. Memang sebatas permainan.  Gelar yang kau bawa ke mana-mana,  di tempel di atas almanak,  undangan, koran, brosur, pamflet,  dan sejenisnya,  tak ku temukan esensi di sana.  Memang, hidup hanya sebatas permainan.  Aku melihat, sarjana hukum,  tak paham arti keadilan.  Aku melihat, sarjana ekonomi,  tak paham arti kesejahteraan.  Aku melihat, sarjana fisika, kimia, tak paham arti keharmonisan alam.  Aku melihat, sarjana sosiologi,  tak paham arti kerukunan.  Aku melihat, sarjana politik.  tak paham arti etika politik.  Aku melihat, sarjana filsafat,  tak paham arti kebijaksanaan. Kau hadir, selalu tanpa esensi.  Memang, hidup sebatas permainan.  Hanya sedikit yang p aham arti keadilan, kesejahter...

Jalan-jalan ke Benteng Amsterdam, Bertemu Putri Duyung-nya Rumphius

Hari ini, beta ingin menceritakan tentang pengalaman beta jalan-jalan ke benteng Amsterdam, desa Hila, kecamatan Leihitu, Maluku Tengah. Di Maluku, benteng-benteng peninggalan Portugis, Belanda, dan Spanyol terlampau banyak.  Ada benteng Victoria di pusat kota Ambon, benteng Durstede di pulau Saparua, benteng Orange di Ternate, benteng Kastela, benteng Toloko, dan masih banyak lagi. Hadirnya beberapa benteng ini membuktikan bahwa Maluku pada masanya sempat menjadi pusat perniagaan rempah-rempah.  Dalam beberapa catatan sejarah, seperti yang di tulis Adnan Amal, bahwa setiap benteng memiliki fungsinya masing-masing. Misalnya, benteng Victoria atau benteng Kastela, biasanya digunakan sebagai kantor Gubernur. Ada juga benteng yang berfungsi sebagai lokasi pertahanan, seperti benteng Toloko.  Selain itu, ada juga benteng yang digunakan sebagai tempat penyimpanan rempah-rempah (loji), seperti benteng Amsterdam. Benteng Amsterdam ialah salah-satu benteng yan...

"MITOS PRIBUMI MALAS"

( Ilustrasi pribumi. Lukisan ) Istilah "mitos pribumi malas" ini saya temui dari buku hasil penelitian yang ditulis Tania Murray Li dan Pujo Semedi (2022). Buku itu berjudul "Hidup Bersama Raksasa". Maksudnya, masyarakat hidup bersama perusahaan perkebunan. Kembali ke soal istilah, "Apakah pribumi kita benar-benar berwatak pemalas? Ataukah ini hanya mitos saja agar kita merasa inferior dalam mengelola sumber daya yang ada secara mandiri dan harmonis?" Jika kita periksa lembar-lembar sejarah, kita akan temui banyak fakta tentang mustahilnya pribumi kita punya watak pemalas. Kalau pribumi kita pemalas, maka tidak mungkin waktu itu pribumi kita bisa membuat perahu lalu mengarungi samudra sampai ke Madagaskar. Mustahil juga pribumi kita waktu itu melakukan perdagangan internasional sampai di anak benua India, lalu dari situ bahan-bahan dagang kita (putik cengkih, lada, dan pala) tersebar ke seluruh Eropa.  Usaha pribumi kita melakukan perdagangan internasional...

Baileo sebagai Tempat Musyawarah ("Hablumminannas?)

Baileo (rumah adat), di berbagai negeri/desa punya bentuk/arsitektur yang cukup beragam. Ada Baileo patasiwa dan ada patalima. Ulasan patasiwa dan patalima punya kontroversi tersendiri (bisa baca di buku Bartels). Karena kontroversi, maka Beta tidak masuk ke pembahasan tsb. Beta mau lihat, sejauhmana makna bangunan Baileo ini dibalik kepala orang Maluku. Baileo identik dengan istilah "balai" (istilah ini masih di perdebatkan), adalah tempat musyawarah para tetuah. Dalam sejarah manusia (bisa baca buku Yuval Noah Harari), masyarakat mulai mengenal sistem musyawarah ini sejak manusia lepas dari sistem berburu-meramu-nomaden. Harari mengatakan, perpindahan dari sistem berpikir nomaden ke masyarakat "fiksi - kognitif" yang mengandalkan akal sebagai alat musyawarah, adalah loncatan peradaban yang sangat luar biasa sekali. Artinya, jika kita turunkan ulasan ini ke makna "Baileo" maka sebetulnya masyarakat kita zaman dulu punya sistem berpikir yang s...