Langsung ke konten utama

Sekilas Perjalanan Masyarakat Siri-Sori Islam


Siri-Sori Islam termasuk salah-satu desa muslim di pulau Saparua, Maluku Tengah. Di Saparua, hanya ada dua desa muslim yakni Kulur dan Siri-Sori Islam. Sedangkan yang lainnya ialah desa Kristen. Meskipun demikian, semuanya hidup di bawah payung "keharmonisan bersama".

Berdasarkan cerita rakyat, masyarakat Siri-Sori Islam berasal dari Papua. Awalnya mereka singgah di Kei, kemudian ke Seram lalu ke Siri-Sori Islam. 

Namun, ada juga yang bilang kalau masyarakat Siri-Sori Islam berasal dari Arab. Buktinya, telah di temukan kuburan tua dengan nisan bertuliskan angka dan huruf Arab. Letak kuburan tua itu tepat berada di bibir pantai, tidak jauh dari masjid Baiturrahman desa Siri-Sori Islam. 

Kalau menengok cerita rakyat di atas, kita bisa petik sedikit hikmah, bahwa masyarakat Siri-Sori Islam dulunya ialah masyarakat nomaden. Masyarakat yang berpindah-pindah dari satu lokasi ke lokasi lainnya. 

Watak masyarakat nomaden ialah berburu dan meramu. Kalau persediaan makanan sudah habis, binatang-binatang yang diburu semakin berkurang maka solusinya ialah pindah ke lokasi lainnya. Begitu dan seterusnya. Inilah nomaden. 

Masyarakat nomaden memang capek, kalau terus berpindah-pindah lokasi. Sebab itu, masyarakat nomaden mencari akal, bagaimana caranya agar mereka bisa menetap di lokasi tertentu saja. 

Akhirnya, mereka menemukan konsep pertanian (menjadi petani) dan kelautan (menjadi nelayan). 

Menurut Harari bahwa perubahan masyarakat dari nomaden ke pertanian merupakan sebuah loncatan pemikiran yang sangat luar biasa. 

Hadirnya konsep pertanian itu kemudian mengundang orang-orang nomaden lainnya datang dan menetap di Siri-Sori Islam. Hadirnya beberapa klan marga di Siri-Sori Islam sebagai buktinya. 

Beberapa klan marga di Siri-Sori Islam yaitu Tuhepaly, Saimima, Sopamena, Patty, Sallatalohy, Lulupaly, Kaplale, Sanaky, Pelupessy, dan masih banyak lagi. 

Hadirnya beberapa klan marga itu membuat lahan pertanian yang digarap menjadi sempit. Karena lahan semakin sempit maka sejumlah permasalahan sosial muncul ke permukaan seperti pencurian, sengketa tanah, dan lain-lain.

Untuk mengatasi persoalan itu, maka dibuatlah musyawarah bersama. Di dalam musyawarah, mereka merumuskan dan menetapkan beberapa aturan untuk mengatasi setiap persoalan sosial yang ada.

Aturan itu lalu disepakati dan di praktikkan secara terus-menerus sehingga menjadi budaya. 

Dalam musyawarah tsb juga disepakati pimpinan utama (sebut: papa raja) yang membawahi beberapa klan marga. Akhirnya, terbentuklah struktur masyarakat chiefdom, yakni ada aturan, raja, kepala klan (masyarakat menyebutnya “saniri”) dan masyarakat biasa. 

Berdasarkan ulasan tsb, maka dapat dikatakan bahwa rentetan perjalanan masyarakat Siri-Sori Islam ialah dari nomaden ke chiefdom.

Masyarakat chiefdom adalah masyarakat ber-peradaban. Peradaban berarti rasional, namun tidak lepas dari sendi-sendi kebudayaan. 

Kelebihan masyarakat chiefdom ialah kemandirian dalam menyelesaikan setiap persoalan yang ada. Setiap persoalan di selesaikan secara rasional dengan berpijak pada sendi-sendi kebudayaan. 

Itulah ulasan singkat tentang perjalanan masyarakat Siri-Sori Islam di pulau Saparua, Maluku Tengah., dari nomaden ke chiefdom. Semoga ulasan singkat ini dapat memberi sedikit manfaat bagi semuanya. Sekian. Wallahua’lam.

Qashai Pelupessy
Maluku - Ambon
06 Oktober 2019

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Permainan Hidup

Di saat realita berganti wajah,  kau hadir, selalu tanpa esensi.  Kadang kau bahagia, hari ini kau sengsara,  besok kau memuakkan.  Hidup. Memang sebatas permainan.  Gelar yang kau bawa ke mana-mana,  di tempel di atas almanak,  undangan, koran, brosur, pamflet,  dan sejenisnya,  tak ku temukan esensi di sana.  Memang, hidup hanya sebatas permainan.  Aku melihat, sarjana hukum,  tak paham arti keadilan.  Aku melihat, sarjana ekonomi,  tak paham arti kesejahteraan.  Aku melihat, sarjana fisika, kimia, tak paham arti keharmonisan alam.  Aku melihat, sarjana sosiologi,  tak paham arti kerukunan.  Aku melihat, sarjana politik.  tak paham arti etika politik.  Aku melihat, sarjana filsafat,  tak paham arti kebijaksanaan. Kau hadir, selalu tanpa esensi.  Memang, hidup sebatas permainan.  Hanya sedikit yang p aham arti keadilan, kesejahter...

Jalan-jalan ke Benteng Amsterdam, Bertemu Putri Duyung-nya Rumphius

Hari ini, beta ingin menceritakan tentang pengalaman beta jalan-jalan ke benteng Amsterdam, desa Hila, kecamatan Leihitu, Maluku Tengah. Di Maluku, benteng-benteng peninggalan Portugis, Belanda, dan Spanyol terlampau banyak.  Ada benteng Victoria di pusat kota Ambon, benteng Durstede di pulau Saparua, benteng Orange di Ternate, benteng Kastela, benteng Toloko, dan masih banyak lagi. Hadirnya beberapa benteng ini membuktikan bahwa Maluku pada masanya sempat menjadi pusat perniagaan rempah-rempah.  Dalam beberapa catatan sejarah, seperti yang di tulis Adnan Amal, bahwa setiap benteng memiliki fungsinya masing-masing. Misalnya, benteng Victoria atau benteng Kastela, biasanya digunakan sebagai kantor Gubernur. Ada juga benteng yang berfungsi sebagai lokasi pertahanan, seperti benteng Toloko.  Selain itu, ada juga benteng yang digunakan sebagai tempat penyimpanan rempah-rempah (loji), seperti benteng Amsterdam. Benteng Amsterdam ialah salah-satu benteng yan...

"MITOS PRIBUMI MALAS"

( Ilustrasi pribumi. Lukisan ) Istilah "mitos pribumi malas" ini saya temui dari buku hasil penelitian yang ditulis Tania Murray Li dan Pujo Semedi (2022). Buku itu berjudul "Hidup Bersama Raksasa". Maksudnya, masyarakat hidup bersama perusahaan perkebunan. Kembali ke soal istilah, "Apakah pribumi kita benar-benar berwatak pemalas? Ataukah ini hanya mitos saja agar kita merasa inferior dalam mengelola sumber daya yang ada secara mandiri dan harmonis?" Jika kita periksa lembar-lembar sejarah, kita akan temui banyak fakta tentang mustahilnya pribumi kita punya watak pemalas. Kalau pribumi kita pemalas, maka tidak mungkin waktu itu pribumi kita bisa membuat perahu lalu mengarungi samudra sampai ke Madagaskar. Mustahil juga pribumi kita waktu itu melakukan perdagangan internasional sampai di anak benua India, lalu dari situ bahan-bahan dagang kita (putik cengkih, lada, dan pala) tersebar ke seluruh Eropa.  Usaha pribumi kita melakukan perdagangan internasional...

Baileo sebagai Tempat Musyawarah ("Hablumminannas?)

Baileo (rumah adat), di berbagai negeri/desa punya bentuk/arsitektur yang cukup beragam. Ada Baileo patasiwa dan ada patalima. Ulasan patasiwa dan patalima punya kontroversi tersendiri (bisa baca di buku Bartels). Karena kontroversi, maka Beta tidak masuk ke pembahasan tsb. Beta mau lihat, sejauhmana makna bangunan Baileo ini dibalik kepala orang Maluku. Baileo identik dengan istilah "balai" (istilah ini masih di perdebatkan), adalah tempat musyawarah para tetuah. Dalam sejarah manusia (bisa baca buku Yuval Noah Harari), masyarakat mulai mengenal sistem musyawarah ini sejak manusia lepas dari sistem berburu-meramu-nomaden. Harari mengatakan, perpindahan dari sistem berpikir nomaden ke masyarakat "fiksi - kognitif" yang mengandalkan akal sebagai alat musyawarah, adalah loncatan peradaban yang sangat luar biasa sekali. Artinya, jika kita turunkan ulasan ini ke makna "Baileo" maka sebetulnya masyarakat kita zaman dulu punya sistem berpikir yang s...